Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Friday, June 7, 2013

Meditasi Penyeimbangan Kelenjar

Meditasi ini didesain untuk menyeimbangankan fungsi otak dan sistem endokrin, mulai dari istana kristal, yang terletak tepat dibelakang pertengahan alis, dan di bawah ubun-ubun, di tengah kepala. Organ-organ otak mayor terdapat pada istana kristal - hypothalamus, amygdala, kelenjar pineal, dan pituitary terdapat di antaranya. Kelenjar endokrin merupakan struktur halus berikutnya di tubuh setelah chakra, dan dekat dengan chakra. Kelenjar ini menghasilkan hormon dan “neutrotransmitter” yang mengatur banyak fungsi tubuh dan yang membuatnya unik karena menggunakan aliran darah daripada saluran tubuh (duct) untuk mengalirkan hormonnya.

Mulai dengan pemusatan. Latihan ini dapat dilakukan berdiri atau duduk tetapi yang penting adalah relaks (dan tidak jatuh). Tutup kedua mata, dan kemudian buka sedikit, tetapi daripada melihat pada suatu fokus, tataplah ke bawah dan jaga mata tidak tegang, jangan mencoba untuk melihat sesuatu. Bayangkan kita berada di tengah-tengah kubah dengan cahaya berwarna ungu yang memanjang ke bawah dari Bintang Utara melingkupi tubuh kita hingga ke bumi. Ketika kita fokus pada tengah-tengah kubah, niatkan untuk tersenyum pada setiap kelenjar. Ikuti intuisi untuk menuntun kita bertahan berapa lama pada setiap kelenjar. Ketika kita bernafas, bayangkan bahwa energi mengalir dalam bentuk spiral.

Mulai bernafas melalui mata kiri, ke kelenjar pineal di istana kristal, dan dari sana, salurkan kembali ke pusat occipital ridge, benjolan kurus di belakang kepala. Tahan selama beberapa detik, bayangkan energi bergerak spiral di sana. Kemudian keluarkan kembali ke istana kristal, keluar melalui mata kanan dan ke titik di depan kita sejauh yang dapat dijangkau dengan ibu jari kita. Pusatkan pikiran kita pada pineal, pituitary dan organ otak yang lain. Kelenjar pineal merespon cahaya dari mata ketiga dan menentukan waktu internal dan mensinkronkan dengan waktu atau hari dan musim.

Lanjutkan, saat ini mulai dengan menarik nafas melalui mata kanan, keluar melalui mata kiri, dan kemudian bergantian. Setelah itu, bayangkan kita bernafas melalui pertengahan alis, daripada mata. Biarkan intuisi yang menuntun kita untuk bertahan berapa lama pada masing-masing tempat.

Selanjutnya, alirkan energi ke bawah melalui saluran pusat di pusat tubuh kita dari istana kristal ke tenggorokan. Tarik nafas dari suatu titik di depan tenggorokan; perpanjang nafas itu melalui tubuh dan keluar dari leher, dan kemudian di balik, dan bernafas dari belakang leher dan keluarkan dari tenggorokan. Pusatkan pikiran kita pada kelenjar thyroid dan parathyroid. Kelenjar thyroid mengatur metabolisme dan suhu tubuh. Kelenjar parathyroid khususnya pada pengaturan metabolisme kalsium.

Alirkan energi ke bawah melalui saluran pusat ke pusat jantung. Bernafas melalui jantung, alirkan energi melalui tubuh dan keluarkan melalui tulang belakang di belakang jantung. Kemudian balik nafasnya. Fokus pada kelenjar thymus. Kelenjar thymus menghasilkan sel T, pivotal pada fungsi sistem kekebalan tubuh.
Alirkan energi ke solar plexus, antara tulang rusuk dengan pusar. Bernafas melalui solar plexus dan keluarkan melalui ruang antara thoracic terakhir dan lumbar vertebra yang pertama. Kemudian dibalik, bernafas dari belakang dan keluarkan dari depan. Fokus pada pankreas, yang memiliki fungsi endokrin dan eksokrin. Hormon endokrin adalah insulin, yang mengatur gula darah.

Alirkan energi ke pusat seks. Bernafas dari depan tubuh dan keluarkan melalui ujung sacrum, rasakan hubungan ke ovarium atau testis. Kemudian di balik, bernafas dari sacrum dan keluarkan melalui ujung pubic bone. Fokus pada gonad, yang mengatur fungsi kelenjar reproduksi.
Alirkan energi ke perinium, antara vagina atau penis dengan anus. Bernafas melalui cakra dasar dan keluarkan melalui cakra mahkota. Kemudian di balik, menarik nafas dari cakra mahkota dan di keluarkan melalui perinium. Fokus pada kelenjar adrenalin, di atas ginjal. Kelenjar adrenalin terutama berhubungan dengan kelangsungan hidup, membantu kita menangani stres dengan fleksibel dan menyiapkan kita untuk bertahan hidup.

Hubungkan energi dari perinium ke pusat seks, pusat seks ke solar plexus, solar plexus ke jantung, jantung ke tenggorokan, tenggorokan ke kelenjar pineal dan kemudian di balik, berhenti sejenak dan melakukan gerakan spiral pada setiap pusat. Ulangi hingga semua pusat terasa terbuka dan seimbang dalam hubungan satu sama lainnya.
Duduklah dengan tenang, biarkan nafas menjadi santai, biarkan seimbang. Biarkan diri kita memperhatikan penyesuaian pada tubuh yang berlangsung secara spontan. Nikmati rasa itu. Semakin sering kita melatih, semakin cepat kita bisa kembali dalam keadaan ini. Catat semua perubahan yang terjadi pada aspek psikologi, emosional, mental atau spiritual.Kelenjar endokrin merupakan penemuan anatomi yang terbaru, baru terkuak rahasianya pada abad terakhir ini. Kelenjar ini paling halus dari struktur tubuh fisik, berkaitan dengan chakra. Yang kemudian membentuk kolam energi di dalam, di atas, maupun di bawah tubuh.

Pentingnya pusat energi ini telah dikenal oleh berbagai kebudayaan asli di seluruh dunia. Teknik untuk memusatkan dan menyeimbangkan energi chakra melalui meditasi dan latihan ditemukan di banyak tradisi. Posisi Yoga dan meluruskan energi chakra. Para Taois menyalurkan chi dengan Orbit Mikrokosmos, yang menghubungkan setiap pusat energi dan membantu menyeimbangkannya. Pada tradisi cherokee ada kumpulan nyanyian/mantra dan visualisasi untuk membantu perkembangan pada setiap pusat energi.
Kelenjar pineal, sering disebut kelenjar master, memiliki hubungan utama dengan mata ketiga. Jumlah dan intensitas cahaya masuk melalui titik antara dua alis, mempengaruhi kelenjar pineal. Apa hari ini siang atau malam? Musim semi atau gugur? Sebaliknya, kelenjar pineal menentukan waktu internal, menentukan berapa banyak dan hormon yang mana yang akan keluar dan kapan. Sebagai contoh keseimbangan ini adalah hormon DHEA dan Melatonin. Melatonin mengalami puncaknya pada malam hari, membantu menyediakan tidur yang nyenyak. DHEA paling banyak pada pagi hari, menyediakan energi untuk kegiatan aktif sehari-hari. Jika hormon-hormon ini tidak bekerja dengan seimbang, tidur akan terganggu dan selama siang hari, seseorang dapat mengalami kelelahan.

Kelenjar endokrin sangat khusus karena hormon yang dihasilkan mengalir melalui aliran darah ke organ-organ dan kelenjar-kelenjar tujuan daripada melalui aliran lain. Hormon tersebut, bersama dengan neutrotransmitter, mengatur fungsi seluruh tubuh.
Kita memulai kehidupan dengan cahaya buatan dengan perkembangan bola lampu dan listrik pada abad terakhir. Dimulai tahun 1950-an malam hari menjadi lebih lambat karena adanya televisi. Pada akhir abad banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama 24 jam. Banyak toko retail tetap buka. Banyak perumahtangga bertambah berjalan-jalan dan berbelanja sepanjang waktu.
Aliran masuk cahaya buatan mengambil tempat pada sistem endokrin, sehingga pengaturan diri menjadi lebih berat. Banyak orang memiliki ketidakseimbangan hormon, meskipun banyak yang tidak perhatian terhadap sumber depresi mereka. Beberapa memiliki gelaja kronis seperti sakit kepala atau sakit perut atau menjadi sakit ketika stres tetapi tidak membuat hubungan antara gejala-gejala tersebut dengan penderitaan sistem endokrin.

Faktor yang lain juga membuat gangguan pada keseimbangan. Hormon yang ditambahkan pada cadangan energi kehidupan akan membuatnya bertambah lebih gemuk, lebih cepat, tetapi ketika daging dicerna, hormon ini akan menciptakan kebingungan fisiologikal. Saluran telepon, komputer, listrik, dan kabel adalah bagian dari teknologi yang menghasilkan elektromagnetik yang dapat mengganggu sistem energi tubuh.
Hal yang ditambahkan pada fenomena ini adalah peningkatan campuran foton ke dalam planet, bagian dari siklus astronomi yang sangat luas. Sistem matahari merupakan orbit elips yang membawa kumpulan foton setiap 11.500 tahun. Sangat sulit bagi manusia untuk memperoleh siklus yang sangat besar tersebut. Masuk ke dalam kumpulan cahaya tersebut dapat menjadi tanda kreatifitas besar. Energinya netral. Pada level praktisi, kita perlu meningkatkan kapasitas sistem energi kita - aura, chakra, dan meridian - untuk membawa lebih banyak energi. Tubuh dapat mengembangkan kapasitasnya untuk menyalurkan energi yang besar dan menyalurkannya ke bumi.

Jika kita belum melakukan persiapan, kita akan mengalami peningkatan emosi yang kuat dan merasa tidak terkontrol. Pada tingkat pribadi, ini dapat dipikirkan sebagai pengujian masalah dari struktur energi halus. Konsekuensinya serius. Gelombang energi emosi dari sumber universal begitu besar untuk disesuaikan dengan saluran energi yang ada. Seperti komputer atau perlengkapan listrik lainnya yang menunjukkan pada sumber dayanya, kita akan menyaksikan irasional, ungkapan kekerasan misterius. Di tinjau dari alam, kita akan melihat gempa bumi, air bah, dan petir yang mencelakakan. Dari tingkah laku, kita melihat kekerasan dan kemarahan, pembunuhan, pembersihan etnik, dan tindakan barbar lainnya. Dapat juga berupa masalah penyakit besar dan suatu epidemi atau tekanan. Semua yang menakutkan terjadi menunjukkan bukti bahwa energi lebih besar daripada kapasitas bumi dan orang-orang yang mendiaminya.

Teknologi, cahaya buatan, dan energi yang besar dapat memproduksi lebih cepat dibandingkan dengan adaptasi tubuh yang dapat dilakukan. Pada tingkat ini, manusia dapat turut serta pada proses evolusinya sendiri dengan menggunakan perhatian sadar untuk memacu fungsi fisiologi. Latihan Chikung berguna untuk melatih tubuh, memperbesar kapasitas meridian untuk membawa energi, cahaya. Tubuh cahaya perlu diperbesar untuk mengakomodasi campuran foton. Jika itu terbentuk, energi secara baik akan dapat disalurkan dan kekerasan yang dapat terjadi bisa dikurangi.

Meditasi penyeimbangan Kelenjar Endokrin ditawarkan sebagai cara sederhana tetapi teknik meditasi yang bagus untuk membantu mengembangkan kapasitas kita untuk tetap seimbang pada saat ini. Semakin sering kita melakukannya, semakin banyak efek positif yang dihasilkan, untuk bumi, sosial, politik, lingkungan, dan kesehatan. Sekali kita mengalami meditasi ini, jangan membatasi diri kita pada saat meditasi saja, tetapi ingatkan diri kita, biarkan nafas kita mengalir melalui pusat-pusat vital diri. Ini akan membantu kita untuk tetap terikat dengan bumi, sehingga angin tidak dapat mengganggu kita. Cobalah. Lihat warna yang datang di setiap pusat energi. Coba bernafas melalui semua pusat energi sekaligus, bayangkan kita bernafas dalam warna pelangi. Jika kita mengalami cuaca buruk, bayangkan kita menarik angin topan melalui kolam energi kita untuk membantu menenangkan sistem cuaca. Jika kita mendapati diri kita berada di tengah-tengah lingkungan yang tidak menyenangkan, bernafas melalui tubuh cahaya untuk menenangkan diri kita dan orang-orang di sekitar kita.